Berita dan Info Pendidikan

Musikalisasi puisi sebagai media transformasi nilai dan karakter bagi remaja

Musikalisasi puisi sebagai media transformasi nilai dan karakter bagi remaja

Musikalisasi Puisi mungkin masih terdengar asing di teliga kita. Musikalisasi Puisi merupakan gabungan atau perkawinan antara musik dan puisi, sebagian orang mengatakan Musikalisasi Puisi sebagian menyebut musik puisi.

Ada tiga jenis fariasi dalam Musikalisasi Puisi yang banyak dipentaskan beberapa tahun terakhir, yaitu. Puisi yang dinyanyikan secara penuh, Puisi yang dibaca diiringi dengan musik, dan puisi yang dibaca dan dinyanyikan.

Unsur musik dan puisi akan menjadi satu kesatuan utuh sehingga siswa yang mendengar akan lebih enak dan tidak begitu asing, karena unsur musik sendiri sudah bukan hal yang asing bagi kebanyakan orang terlebih untuk siswa.

Di Musikalisasi Puisi, musik akan mengangkat puisi itu sendiri untuk membantu menyampaikan makna yang paling dalam sekalipun bagi pendengarnnya. Siswa akan lebih gampang memahami dan menghafalnya dengan penyuguhan Musikalisasi Puisi.

Sesuatu yang di dengar terus menerus akan mempengengaruhi bagaimana dia berpikir. Jika Musikalisasi Puisi menjadi media belajar untuk pelajar puisi tentu juga akan berdampak baik bagi perkembangan karakter siswa. Selain mendengarkan mereka (siswa) juga bisa diajak membuat Musikalisasi Puisi sendiri dengan puisi yang telah ditentukan tentunya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *