Berita dan Info Pendidikan

Seberapa Pentingkah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus ?

Pendidikan merupakan hal penting bagi kehidupan seseorang baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Dengan pendidikan, diharapkan seorang anak akan menjalani kehidupan yang lebih baik.

Pendidikan anak yang layak adalah hak semua anak, tidak memandang dari status, agama, suku, ras, bahkan anak berkebutuhan khusus sekalipun. Namun, sebagian anak berkebutuhan khusus cenderung lebih rendah diri. Hal ini yang akan mempengaruhi proses dan hasil pembelajarannya.Bahkan, motivasi dari lingkungan juga sangat diperlukan dalam hal ini agar sang anak yakin dengan kemampuannya. Beri kesempatan kepada mereka untuk berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran.

Harus kita ketahui, tanggapan negatif seperti cercaan dan ejekan dapat menurunkan minta belajar pada anak. Dalam hal ini, orang tua dan guru dapat menjadi panutan bagi anak-anak berkebutuhan khusus agar melakukan hal-hal yang benar.

Sebagian besar anak berkebutuhan khusus sebenarnya hanya membutuhkan pengajaran yang baik, jelas, dan asesibel. Sangatlah penting bagi kita untuk melakukan komunikasi dengan cara yang tenang dan perlahan.
Buat posisi berhadapan dengan sang anak ketika mengajar dan memberikan pemahaman pada mereka. Berikan kesempatan untuk mereka memahami penjelasan yang kita sampaikan dengan komunikasi yang menjadikan kita sebagai pusat perhatiannya. Daya ingat anak berbeda-beda, baik memori visual, audio, maupun kinetik, karena itu kita harus mengembangkan kemampuan berkomunikasi guna merespon kapasitas mereka.

Harus kita pahami, masing-masing anak menggunakan ketiga memori tersebut dalam menyerap pembelajaran, sebagian anak lebih bergantung pada memori visualnya sehingga mereka lebih mudah mengingat informasi yang terlihat seperti, melalui gambar, diagram, tulisan di papan tulis, dll. Sebagian lainnya lebih bergantung pada memori audio sehingga mereka lebih mudah mengingat informasi yang didengar seperti penjelasan oral, lagu, pelafalan, dll.

Sedangkan yang lainnya bergantung pada memori kinetik sehingga mereka akan lebih mudah mengingat apa yang telah mereka lakukan atau apa yang pernah mereka praktekan. Perlu kita ingat, bahwa hal yang tidak bisa dilihat oleh anak tetap dapat mereka dengar atau sentuh. Karena itu, kita harus merencanakan pengajaran yang sesuai dengan karakter komunikasi dan kapasitas daya ingat anak.
Nah, pastikan kita tetap dalam keadaan tenang dan mudah mengikuti emosi. Karena meskipun sang anak terlihat tidak memperhatikan kita, mereka dapat mendengar dan mengerti dengan caranya masing-masing. Dengan ini, semoga pendidikan anak berkebutuhan akan semakin membaik.

 

Sumber :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *